4 Gejala Transmisi Mobil Matic Mulai Rusak

  • Share

Mobil matic sudah menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan kondisi jalanan padat merayap. Apalagi jika tidak ada pilihan lain selain menggunakan kendaraan pribadi.

Sama halnya dengan mobil manual, mobil matic juga mempunyai transmisi yang biasa disebut transmisi otomatis. Dalam hal kinerja, justru transmisi otomatis ini cenderung bekerja lebih keras karena 100% laju kendaraan dikontrol oleh transmisi yang sifatnya otomatis.

Semakin tinggi jam terbang kendaraan, semakin rentan juga dari kerusakan. Apalagi jika tidak dilakukan perawatan secara berkala, kinerja transmisi mobil matic menjadi tidak optimal, sehingga muncul gejala-gejala yang menandakan transmisi sudah mulai rusak.

Bagi Anda yang memiliki mobil matic dan ingin mengetahui apakah transmisi mobil matic Anda masih sehat atau tidak, simak beberapa gejalanya berikut ini.

1. Ada bunyi aneh saat perpindahan gigi
Saat memindahkan gigi lalu Anda mendengar bunyi “krak” atau “kretek”, bisa jadi transmisi mobil Anda sudah mulai bermasalah.

2. Hilangnya tenaga atau tersendat
Jika Anda menginjak pedal gas dan terasa berat atau hilang tenaga, ada kemungkinan gejala transmisi Anda mulai rusak. Bahkan mobil sampai tersendat pada saat kondisi berjalan dan mesin bergetar saat awal bukaan gas.

3. Ada getaran berlebih saat proses mengemudi
Mesin mobil bergetar tidak yang sewajarnya atau getarannya lebih kencang dari biasanya, juga menandakan transmisi mobil matic Anda bermasalah.

4. Boros bahan bakar
Apabila kondisi transmisi tidak sehat, mesin akan bekerja lebih keras dalam menghasilkan energi. Hal ini dikarenakan torsi mesin tidak menyalurkan energi secara optimal dan menyebabkan bahan bakar yang digunakan menjadi lebih boros.

Tidak sedikit permasalahan yang timbul pada kendaraan yang bertransmisi otomatis. Hal ini dikarenakan mudahnya mengoperasikan mobil matic disertai dengan kurangnya pemahaman dalam penggunaan mobil matic yang baik dan benar.

Membeli lebih mudah daripada merawat. Itulah yang menyebabkan banyaknya mobil matic dengan usia muda namun permasalahan yang ada cukup kompleks. Oleh karena itu, apabila Anda ingin membeli mobil matic, terutama mobil bekas harus lebih berhati-hati dalam memilih.

Sebagai seorang pengusaha, punya mobil matic, bisa disewakan saja. Tapi, kalau Anda tidak mau ribet membeli, bisa kok menyewa, di sewa mobil matic Pontianak, coba klik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *