Cara Atasi Utang Pinjol Dan Kredit Online

  • Share

1. Membayar utang dengan nominal kecil lebih dahulu

Langkah kesatu yang dapat kamu lakukan ialah membayar utang yang jumlahnya tidak banyak terlebih dahulu. Ini dikenal dengan cara bola salju atau debt snowball.

 

-Buat susunan utang

Caranya, mulai dengan membuat susunan utang yang dimiliki. Contoh gaji Rp 8 juta per bulan. Kumpulan utang yang wajib ditunaikan setiap bulannya, antara lain angsuran KPR subsidi Rp 1 juta, angsuran kredit kendaraan bermotor Rp 1 juta, dan utang kartu kredit dengan cicilan pembayaran minimum Rp 400 ribu per bulan. Total Rp 2,4 juta atau 30% dari pendapatan sebulan.

 

-Urutkan utang dari yang sangat rendah

Selanjutnya urutkan utang itu dari yang sangat rendah. Berarti di posisi kesatu terdapat utang kartu kredit. Kemudian angsuran kendaraan bermotor dan angsuran KPR. Karena angsuran KPR dan kendaraan besarannya sama per bulan, maka diurutkan menurut tenor atau jangka tempo yang lebih pendek, yakni angsuran kendaraan bermotor.

 

-Lakukan pembayaran dari utang yang nominalnya terkecil

Artinya kalau angsuran minimum payment kartu kredit sebesar Rp 400 ribu dari total tagihan, anda harus berjuang membayar lebih dari itu. Misalnya jadi Rp 500 ribu atau dua kali lipatnya, yaitu Rp 800 ribu. Dengan demikian kian cepat lunas utang kartu kredit, sampai-sampai kamu dapat fokus menunaikan lebih utang lain, seperti angsuran kredit kendaraan bermotor, kemudian berikutnya angsuran KPR. Cara supaya bisa menunaikan lebih bagaimana, sementara dengan total Rp 2,4 juta saja rasionya telah 30%. Merupakan batas pembayaran utang yang ideal supaya keuangan tetap sehat. Kamu dapat mencari pendapatan tambahan dari kegiatan sampingan. Apapun itu, yang urgen halal, seperti memasarkan keahlian, berdagang, dan lainnya.

 

-Kelebihan dan Kekurangan Debt Snowball

Kelebihannya anda akan lebih motivasi dalam melunasi utang karena dibuka dari yang jumlahnya kecil terlebih dahulu. Jadi, lebih ringanĀ  Kekurangannya dapat berpotensi tidak berhasil dalam pengelolaan utang sebab saking konsentrasi pada yang kecil, tak sempat dengan utang yang besar.

 

2. Membayar utang yang tingkat bunganya tinggi terlebih dahulu utang

Langkah kedua ialah dengan menunaikan utang yang punya tingkat bunga tinggi terlebih dahulu. Metode ini disebut debt staking. Tujuannya supaya bunga yang besar tidak menciptakan utang semakin menggunung. Makin lama, semakin besar, laksana bunga pinjaman online.

 

-Tingkatkan Penghasilan supaya Utang Cepat Lunas

Dalam rumus menata keuangan, alokasi pembayaran utang yang aman ialah 30% dari gaji sebulan supaya tak mengganggu pengeluaran lain. Jadi tidak jarang kali pastikan anda menyisihkan pendapatan untuk keharusan tersebut. Pilih cara pelunasan utang yang cocok dengan keterampilan finansialmu. Paling penting ialah disiplin menunaikan utang tepat waktu supaya terhindar dari denda keterlambatan yang akan menciptakan utangmu menggulung lebih besar.

 

Cari cara supaya cepat melunasi utang. Jangan melulu mengandalkan gaji saja. Apalagi bila gajinya pas-pasan. Jalan keluarnya ialah mencari pendapatan tambahan. Tidak hanya harus bekerja menjadi freelancer atau driver ojek dan taksi online. Kamu juga dapat menghasilkan pundi-pundi duit dengan jualan online, laksana baju baru atau bekas, menyewakan motor atau mobilmu, dan lainnya. Lakukan kegiatan sampingan ini setelah kembali bekerja dan hari libur. Dengan demikian, tidak menganggu kegiatan utamamu. Uang tambahan dapat kamu gunakan seluruhnya guna melunasi utang. Seiring berjalan nya waktu pinjaman online dapat di akses melalui aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair seperti SINGA lain-lain.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.