Perjalanan Menuju Gua Hira

  • Share

Gua Hira adalah tempat bersejarah bagi umat Islam. Di Gua Hira, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT berupa Al-Qur’an, yang diturunkan melalui Malaikat Jibril berupa Surat Al Alaq.

Gua Hira di Gunung Jabal Nur. Jabal Nur terletak di kawasan Hijaz, sekitar 7 kilometer dari Masjidil Haram. Jabal Nur adalah gunung berbatu yang sangat curam. Nama Jabal Nur berarti gunung cahaya (jabal berarti gunung, nur berarti cahaya). Dinamakan Jabal Nur karena gunung tersebut berisi Gua Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama Allah SWT melalui Malaikat Jibril berupa surat Al Alaq.

Gua Hira adalah gua kecil dengan panjang 3,5 meter dan lebar 1,5 meter, terletak 4 meter dari puncak gunung. Jabal an-Nur atau Jabal Nur adalah sebuah gunung di dekat kota Mekah, Arab Saudi. Arti namanya dalam bahasa Indonesia adalah “gunung cahaya”. Berbeda dengan pegunungan di Indonesia yang kaya akan flora, Jabal Nur dikelilingi oleh gurun pasir yang gersang.

Jabal an-Nur atau Jabal Nur adalah sebuah gunung di dekat kota Mekah, Arab Saudi. Arti namanya dalam bahasa Indonesia adalah “gunung cahaya”. Berbeda dengan pegunungan di Indonesia yang kaya akan flora, Jabal Nur dikelilingi oleh gurun pasir yang gersang.

Pada malam hari, Jabal Nur diterangi oleh lampu-lampu dari kota Mekkah sehingga tidak terlalu gelap. Banyak umat Islam yang sengaja mengunjungi Gua Hira sebelum Maghrib dan berdoa di puncak Jabal sambil merenungkan Gua Hira.

Gunung ini merupakan tempat Ghar Hira atau Gua Hira dimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Selama musim umrah dan haji, Jabal Nur bisa dikunjungi hingga 5.000 umat Islam yang berhaji meski tidak masuk dalam agenda ibadah. Jamaah umrah dan haji memiliki pengalaman berjuang mendaki Jabal Nur untuk mencapai Gua Hira.

Mencapai puncak Jabal Nur setinggi 640 meter membutuhkan perjuangan yang relatif sulit karena medan yang terjal dan menanjak. Dengan ketinggian dan kecuraman yang tinggi, pengunjung harus berhati-hati karena jalannya sangat curam.

Meski tangga sudah dibangun, Anda tetap harus fit secara fisik untuk naik. Namun dalam kisah para Sahabat Nabi diriwayatkan bahwa istri Nabi Muhammad, Khadijah, yang berusia 50 tahun, tanpa lelah berjalan naik turun gunung membawa makanan sementara suaminya sedang merenung di gua Hira. Anda bisa menggunakan jasa tour aksaraumroh.

Datang ke sana di saat ada paket umroh Desember 2022, bakal lebih seru!

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *