Pertanyaan yang harus dijawab saat membuat katalog elektronik

 

Katalog Online – Sebelum membicarakan desain ataupun konten dari katalog elektronik, mari menjawab pertanyaan-pertanyaan penting di bawah ini:

  • Apa kategori produk jualan Anda?

Baik makanan, minuman, kitchen tools, atau peralatan elektronik, pastikan Anda mengetahui kategori produk secara spesifik sebelum membuat katalog elektronik.

  • Ada berapa banyak kategori dan sub-kategori produk Anda?

Sebelum memuat katalog elektronik, perlu dipastikan berapa banyak item yang akan dimasukkan ke dalam katalog dan apakah setiap item punya sub kategori lagi. Perhitungan yang pasti dapat membantu menentukan banyak halaman dan apa yang dibutuhkan

  • Siapakah target market produk Anda?

Pria? Wanita? Anak-anak? Penyuka kucing? Menentukan market secara spesifik akan sangat berguna dalam proses membuat katalog elektronik Anda. Begitu pula dengan deskripsi produk. Menentukan target market bisa membantu menentukan gaya tulisan seperti apa yang cocok untuk mereka.

  • Apakah produk Anda membutuhkan pengetahuan khusus?

Produk kabel listrik membutuhkan pengetahuan kelistrikan. Setidaknya seseorang yang tahu kebutuhan listrik dan jenis-jenis kabel. Konsep katalog elektronik Anda harus dapat menjelaskan dengan baik kepada mereka karena mereka sudah punya informasi dasar dan butuh informasi lebih banyak lagi dengan membaca katalog Anda.

Atau malah sebaliknya, Anda ingin mengembangkan jangkauan konsumen dengan memberikan mereka edukasi lewat tulisan katalog elektronik Anda. Pastikan kosakata yang dipakai mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun.

  • Apakah produk Anda buatan sendiri atau produk reseller?

Jika Anda adalah reseller, biasanya katalog elektronik sudah disediakan oleh pembuat produk tersebut. Jadi Anda hanya perlu melakukan pemilahan atau memfoto ulang saja. Jika Anda adalah produsen produk tersebut, konsep dan desain katalog elektronik harus dipikirkan sejak awal.

  • Apakah produk Anda bisa dikirim keluar negeri atau hanya dalam negeri?

Pastikan informasi ini tercantum dalam setiap produk yang ada di katalog elektronik. Katalog yang ada di website bisa diunduh oleh siapa saja. Tak terkecuali orang-orang yang berada di luar negeri. Siapa tahu mereka tertarik? Jika memang iya, informasikan juga bagaimana cara order jika mereka berada di luar negeri.

  • Apakah produk Anda ada di website e-commerce?

Anda dapat membuat katalog elektronik yang bisa dibagikan di e-commerce sehingga Anda tidak perlu kerja dua kali. Ukuran juga bisa disesuaikan dengan aturan main yang ada di e-commerce tersebut.

 

Leave a Comment